Prinsip Dasar SEO untuk Meningkatkan Traffic Website

Search Engine Optimization (SEO) adalah metode yang digunakan oleh para pemilik website untuk meningkatkan posisi website-nya pada hasil pencarian search engine, yang kini dirajai oleh Google. Semakin tinggi posisi website Anda pada hasil pencarian search engine, semakin besar peluang bagi website Anda untuk dikunjungi oleh target audiens. Artinya, traffic website pun akan meningkat.

Nah, bagi Anda yang baru saja membangun website, berikut adalah beberapa prinsip dasar SEO yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan jumlah pengunjung website bisnis Anda.

Gunakan Sinonim Keywords pada Artikel

Ketika hendak mencari informasi tertentu pada mesin pencari Google, orang harus mengetikkan keywords tertentu. Baru setelah itu mereka akan mendapatkan berbagai opsi informasi terkait keywords yang dicari. Untuk itu, Anda perlu menyisipkan keywords yang banyak dicari oleh target audiens pada artikel atau konten website Anda. Anda bisa menggunakan Google AdWords untuk mencari tahu keywords apa yang harus Anda gunakan.

Namun, dalam satu artikel, jangan mengulangi satu keyword yang sama berulang-ulang. Pasalnya, Google juga mempertimbangkan penggunaan keywords secara natural yang ditulis untuk memberikan value. Misalnya, website Anda bergerak di bidang fesyen wanita. Anda ingin menulis tentang tips untuk tampil lebih ramping. Nah, sebagai keyword-nya, jangan hanya mengulang kata-kata “tips lebih ramping”. Gunakan variasi lain seperti “tips tampil ramping”, “tips ramping”, atau “tips cantik”.

Menerapkan Metode Internal Linking

Sebelum ini, apakah Anda sudah pernah menulis konten lain pada website Anda? Jika iya, jangan buru-buru menghapusnya. Pada konten-konten yang baru, Anda bisa mencantumkan beberapa link yang mengarah pada konten lama Anda. Hal ini disebut juga dengan metode internal linking. Dengan melakukan internal linking secara konsisten, Google akan menilai bahwa postingan lama di website Anda masih bersifat penting dan memiliki value.

Bangun Backlink

Backlink adalah hyperlink yang masuk satu halaman web ke halaman web lainnya. Maksudnya, ada website milik orang lain yang mencantumkan hyperlink ke website Anda karena mereka menganggap bahwa konten Anda membawa manfaat tersendiri. Karenanya, menyediakan konten yang berkualitas menjadi kunci utama dari prinsip backlink ini. Sebaliknya, jangan ragu untuk menyertakan hyperlink ke website orang lain pada konten Anda. Selain memberi informasi tambahan pada pembaca, hal ini juga akan membantu Anda menjalin hubungan baik dengan pemilik website lain.

Jangan Lupakan Image Tags dan Meta Description.

Di dalam website Anda pasti terdapat gambarbukan? Jangan hanya sekedar upload begitu saja. Google perlu mengetahui gambar seperti apa yang Anda cantumkan. Oleh sebab itu, berikan tag pada setiap gambar yang Anda upload. Jika tidak, Google tidak akan bisa mengidentifikasi gambar Anda.

Selain image tag, meta description juga menjadi hal dasar SEO yang penting untuk diperhatikan. Saat website Anda muncul pada hasil pencarian Google, di bawah URL biasanya terdapat sebaris kalimat yang berfungsi sebagai rangkuman singkat agar orang tahu apa yang bisa mereka dapatkan dari halaman web Anda. Itulah yang disebut dengan meta description. Agar terlihat mengundang, gunakan kata-kata call-to-action seperti “kunjungi” atau “yuk”.

Google selalu melakukan perubahan pada aturan SEO mereka. Aktiflah update informasi terkait hal tersebut agar Anda bisa segera melakukan penyesuaian pada website Anda. Dengan begitu, website Anda dapat terus berada pada posisi teratas hasil pencarian search engine Google.

Photo Credit: SEO by Nick Youngson (CC BY-SA 3.0)