Setting Checkout

Setting untuk pemeriksaan pembelian setelah order/pemesanan. Biasanya setelah pembeli memasukan produk anda ke keranjang mereka, maka pembelian akan di teruskan ke cart page atau daftar belanjaan. Lalu kemudian diteruskan ke page checkout atau pemeriksaan pembelian. Dalam setting tab ini anda akan melihat beberapa option yang berhubungan dengan cart dan checkout.

1. Checkout Options

Dalam tab checkout options juga berisikan beberapa setting.

– Checkout Process

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, di dalam checkout process terdapat dua options yaitu coupons. Coupons berfungsi untuk memberikan potongan harga sebagai hadiah kepada pembeli anda dengan kode khusus untuk mengaktifkan diskon tersebut. Anda juga dapat memilih untuk mengaktifkan fungsi ini atau tidak, juga mengaktifkan penghitungan otomatis saat pembeli memasukan kode kupon mereka agar total belanjaan mereka secara otomatis dipotong diskon yang anda berikan.

Sementara Checkout Process memiliki options untuk mengaktifkan page checkout untuk “Pembeli tamu” atau user yang belum login atau mendaftar untuk dapat berbelanja di toko anda.

– Checkout Pages

Dalam option ini anda dapat menentukan page untuk cart dan halaman checkout anda dengan page yang sudah anda buat atau kami sediakan sebelumnya. Jika anda memutuskan untuk membuat page cart baru maka anda harus merubahnya di options ini.

– Checkout Endpoints

Endpoint pada dasarnya adalah bagian tambahan dalam URL situs web yang kami deteksi dan tampilkan konten yang berbeda saat ini.

Misalnya, Anda mungkin memiliki halaman ‘akun saya’ yang ditampilkan di URL yoursite.com/my-account. Bila titik akhir ‘edit-akun’ ditambahkan ke URL ini, menjadikannya sebagai ‘yoursite.com/my-account/edit-account’ kami menampilkan halaman Edit akun alih-alih halaman akun saya.

Hal ini memungkinkan kami untuk menampilkan konten yang berbeda tanpa memerlukan beberapa halaman dan kode pendek, sehingga mengurangi jumlah konten yang perlu kami install.

– Payment Gateways

Option terakhir dari tab ini adalah Payment gateways dimana anda dapat merubah urutan metode pembayaran anda. List dengan checklist menandakan item tersebut aktif dan strip berarti tidak digunakan. Anda dapat menggeser item gateway ke atas atau ke bawah untuk merubah urutannya.

2. BASC

BASC atau yang biasa disebut direct bank transfer/wire bank. Digunakan untuk transaksi dalam bank internasional.  Terutama jika anda melakukan transaksi dan penjualan sampai ke luar negeri.

3. Check Payments

Option ini sangat jarang di gunakan, tapi biasanya di gunakan untuk mengetes apakah pemesanan dan pembayaran anda berhasil.

4. Cash on Delivery (COD)

COD seperti namanya, bayar ketika pengiriman juga sebenarnya jarang di gunakan karena terlalu rentan dengan pembayaran yang tidak jelas ketika barang dikirim. Anda harus mengirim barang lalu kemudian bayar di tempat.

5. Bank Indonesia

Seperti yang Anda sudah lihat di semua gambar di atas tercantum 4 nama bank populer di Indonesia. Lantas bagaimana cara mengganti , menghapus, atau menambah daftar bank tersebut agar muncul di options seperti gambar di atas. Baca dokumentasi selanjutnya yang membahas bank Indonesia disini: