Membuat Post

Post adalah entri yang ditampilkan dalam urutan terbalik di beranda anda (postingan terbaru berada di paling atas).  Sebagai informasi post dalam website sangatlah penting sebagai isi konten dari site anda. Mengawali dalam membuat sebuah post , perlulah Anda membuat sebuah konsep untuk menulis. Untuk memulai menulis dalam site anda arahkan kursor anda pada post type “Post”, klik add new. Ini juga berfungsi sebagai penambah post anda.

1. Title/Headline Box.

Judul untuk post anda dapat menggunakan ungkapan, kalimat atau karakter. Hindari penggunaan judul yang sama pada blogpost anda, karena akan mengakibatkan masalah pada Permalink-nya. Anda dapat menggunakan koma, tanda kutip, garis, dan tanda baca lainya. sebagai contoh  “My Site – Here’s Lookin’ at You, sir”. Zloob akan membersihkanya untuk menghasilkan nama blogpost user-friendly dan URL-valid.

2. Content Box

Badan dari postingan Anda atau isi dari judul post. Anda dapat mengatur tulisan anda dengan tombol editor dan juga memasukan media dalam postingan anda agar terlihat lebih menarik.

3. Kategori

Agar mempermudah  pengunjung  dan khususnya anda dalam mengisi Postingan untuk site. Memberikan sebuah kategori pada post akan mempermudah dalam pencarian atau spesifikasi post anda.

4. Post tags

Mengarah pada kategori kecil untuk blog Anda, mirip dengan menyertakan entri indeks untuk sebuah page. Post dengan tag serupa dihubungkan bersamaan saat pengguna mengeklik salah satu tag. Tag harus diaktifkan dengan kode yang benar dalam tema Anda agar mereka muncul di pos Anda. Tambahkan tag baru ke pos dengan mengetikkan tag ke dalam kotak dan klik “Add”.

5. Tambahkan Featured Image

Featured Image berfungsi menjadi tampilan utama post anda, atau sebagai cover atas post.

6. Publish Box

Berisikan tombol yang mengatur status posting anda. Apakah itu sudah diterbitkan, pending review dan juga draft. Published status diartikan bahwa postingan anda sudah diterbitkan dan bisa dilihat oleh semua orang. Pending review diartikan sebagai draft yang di review oleh editor sebelum di publikasi. Draft diartikan post belum di publikasi dan draft hanya diperuntukan untuk anda. Jika statusnya sudah Publish maka pengunjung dapat melihat blog post anda.

7. Tombol Save Draft

Tombol Save Draft, gunanya untuk menyimpan postingan anda sebelum anda mempublikasikannya.

Setelah itu di tampilan all post akan tampak seperti pada gambar dibawah:

Jadi selama postingan tersebut masih dalam format Draft, Post tersebut tidak akan terpublikasi sebelum anda mempublikasikannya dan atau pengunjung situs anda tidak akan bisa melihat postingan tersebut selain anda.

8.  Tombol Preview

Tombol preview disini berguna untuk melihat hasil dari postingan anda.

 

9. Status Post

Status post disini berguna untuk anda menentukan apakah post tersebut Masih draft atau Pending Preview (Tertunda)

– Draft, untuk draft sudah di jelaskan pada nomor 1 di atas

– Pending Preview, atau post yang statusnya tertunda. Entah itu tertunda karena post tersebut belum selesai, atau tertunda pen-publikasiannya.

10. Visibility / Visibilitas

Yaitu untuk menentukan apakah post anda di publikasikan untuk Public, atau anda bisa memakaikan post tersebut dengan password proteksi untuk bisa di lihat, dan atau “Private” hanya pihak tertentu yang bisa melihat postingan tersebut.

 

11. Pengaturan Waktu Publikasi

Pada opsi ini anda dapat mengatur waktu publikasi dari Postingan anda seperti, mengatur bulan, tanggal, tahun, jam dan menit keberapa post tersebut akan di publikasikan.

12.  Tombol Publish

Tombol Publish seperti pada gambar di atas gunanya untuk mempublikasikan postingan anda secara langsung saat itu juga.

13. Move to Trash

Opsi ini untuk menghapus post anda.