Begini Caranya Anda Bisa Mempromosikan Website Secara Gratis

Anda mungkin memiliki produk berkualitas bagus yang dapat memberi solusi tertentu bagi para konsumen. Namun, tanpa promosi yang efektif, tak akan ada satu orang pun yang tahu tentang produk tersebut.

Nah, di era serba digital seperti sekarang, website pun menjadi salah satu media promosi paling populer yang digunakan oleh banyak pebisnis. Masalahnya, hanya karena Anda telah meluncurkan website, bukan berarti orang-orang akan langsung datang mengunjungi dengan sendirinya. Bahkan kemungkinan besar mereka tidak akan tahu bahwa website Anda telah berdiri jika Anda tidak mempromosikannya.

Masalah lain pun muncul. Dengan usia bisnis yang belum terlalu lama, di mana Anda harus menghemat budget yang ada, bagaimana Anda bisa melakukan promosi website secara maksimal?

Tak perlu khawatir dengan masalah tersebut karena sebetulnya ada banyak opsi yang bisa Anda lakukan untuk melakukan promosi website secara gratis. Beberapa di antaranya bisa Anda simak di bawah ini.

Fokus pada Website SEO

Sebelum membuat website, kemungkinan besar Anda telah melakukan riset dan pernah “bertemu” dengan yang namanya search engine optimization (SEO). Pada dasarnya, SEO adalah strategi yang dilakukan untuk membuat website Anda bisa muncul pada peringkat atas hasil pencarian mesin online—yang saat ini tengah dikuasai oleh Google. Idealnya, semakin tinggi peringkat website Anda di hasil pencarian Google, semakin besar peluang website Anda untuk dibuka oleh pengunjung.

Untuk itu, Anda harus mengetahui keywords yang banyak dicari oleh para target audiens Anda. Anda bisa menggunakan perangkat Google Keywords Planner untuk membantu Anda menemukan keywords tersebut. Fokuslah pada keywords-keywords yang memiliki tingkat kompetisi rendah dan frekuensi pencarian tinggi.

Setelah mendapat keywords yang tepat, gunakan keywords tersebut untuk diolah menjadi artikel atau postingan blog pada website Anda. Namun, ingat, penempatan keywords dalam artikel pun tak boleh dilakukan sembarangan. Setidaknya, Anda harus mencantumkan keywords tersebut di dalam judul, isi artikel, heading, dan meta description. Jika artikel Anda memiliki gambar, cantumkan pula keywords pada bagian title tag dan alt tag. Harapannya, ketika orang mengetikkan keywords tersebut pada kolom pencarian Google, artikel Anda akan muncul pada halaman pertama.

Media Sosial untuk Menjaring Traffic

Website memang termasuk bagian dari promosi bisnis. Namun, untuk membuat sebuah website mampu berfungsi secara maksimal dalam mempromosikan bisnis, Anda juga perlu mempromosikan website tersebut. Jangan berhenti pada pembuatan website. Buat pula beberapa akun media sosial untuk mempromosikannya. Beberapa media sosial yang cukup efektif dalam memberikan fungsi tersebut adalah Facebook, Twitter, dan Instagram.

Bahkan, lebih dari sekadar tempat untuk promosi, media sosial juga dapat membantu Anda untuk terhubung dengan para target audiens. Twitter, misalnya, biasanya digunakan orang untuk menyampaikan feedback terhadap produk dari brand tertentu yang mereka gunakan. Melalui feedback tersebut, Anda bisa menganalisisnya agar bisa memberikan produk atau pelayanan yang lebih baik lagi ke depannya.

Di sisi lain, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berbagi konten website Anda. Misalnya, Anda memiliki bisnis pakaian untuk pria dan wanita. Dalam rangka Hari Raya Idul Fitri, Anda menulis artikel tentang gaya berpakaian yang cocok untuk memperingati hari spesial tersebut. Nah, Anda bisa membagikan link artikel tersebut pada Facebook dan Twitter untuk menjaring traffic.

Google Local Business

Jika ingin menjaring pelanggan lokal, Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda ke Google Local Business. Pada fitur ini, Google akan menyediakan berbagai ide promosi website kepada Anda bahkan memberikan kesempatan untuk mendaftarkan informasi tentang bisnis Anda secara gratis. Anda bisa mencantumkan gambar, memasukkan promosi, hingga mencantumkan mobile ads. 

Alasan lain yang juga membuat para pebisnis tertarik menggunakan Google Local Business adalah tampilan informasi yang disajikan Google. Berbagai informasi bisnis yang telah Anda daftarkan di Google Local Business akan muncul di urutan pertama pada hasil pencarian. Hal ini tentu dapat memberikan online presence yang lebih besar kepada bisnis Anda. Tak hanya itu, Google bahkan juga akan menyediakan petunjuk arah menuju lokasi bisnis Anda dan memberi akses kepada calon pelanggan untuk langsung menelepon Anda dari perangkat mobile mereka.

Memberikan Komentar di Blog Orang Lain

Pada setiap konten artikel yang Anda tulis di blog website, jangan lupa untuk memasang kolom komentar. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis Anda terbuka terhadap berbagai opini dan feedback. Namun, kecuali ada komentar yang harus dibalas, Anda tentu tak bisa memberi komentar pada artikel Anda sendiri, bukan?

Karena itu, cobalah untuk meninggalkan komentar di-posting-an blog milik orang lain. Anda bisa mulai dari blog atau website yang memang cukup sering Anda datangi. Jangan merasa malu atau segan karena sebetulnya para pemilik blog senang dengan adanya komentar. Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang tak hanya mengunjungi website mereka, tetapi juga melakukan engagement dengan konten-kontennya.

Terlebih, ketika Anda meninggalkan komentar pada sebuah posting-an, biasanya Anda diberi pilihan untuk menghubungkannya dengan link website. Inilah kesempatan Anda untuk mempromosikan website Anda. Pastikan komentar yang Anda tulis relevan dengan konten artikel dan tidak asal-asalan.

Reciprocal Linking

Untuk bisa membuat Google meletakkan website Anda di peringkat atas hasil pencarian, SEO bukan satu-satunya hal yang dipertimbangkan. Google juga harus memastikan bahwa website Anda memang terpercaya. Nah, salah satu penilaian Google dilakukan dengan cara mencari tahu apakah ada website lain yang mencantumkan link website Anda. Namun, bagaimana caranya agar website lain mau mencantumkan link menuju website Anda?

Pastikan konten artikel Anda dapat dipertanggungjawabkan dan kredibel. Dengan begitu, orang pasti tak akan segan menjadikan website Anda sebagai salah sumber penulisan konten mereka dan akhirnya mencantumkan link menuju website Anda. Cara ini tentu membutuhkan banyak waktu karena kredibilitas tak dapat dibangun dalam semalam. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan guest blogging. Terimalah tawaran untuk menulis konten di website orang lain, lalu cantumkan hyperlink menuju website Anda.

Mencantumkan Email Signature

Tips satu ini sering dilupakan oleh orang, padahal dapat menjadi sarana promosi website yang cukup ampuh. Ingat, tujuan dari brand image adalah membuat orang mengenali bisnis Anda. Salah satu cara termudah dan gratis untuk melakukannya adalah dengan membuat signature pada email Anda.

Setiap email yang Anda kirim idealnya memiliki footer standar yang berfungsi untuk mendeskripsikan Anda. Biasanya, footer ini terdiri dari nama, jabatan, dan cara yang bisa dilakukan penerima email untuk terhubung dengan Anda. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan mencantumkan link website pada footer tersebut. Anda juga dapat menggunakan text anchor link agar tampilannya menjadi hyperlink sehingga penerima email bisa langsung menuju website Anda secara mudah.

Jadi, cara mana yang akan Anda coba terlebih dulu? Apa pun cara-cara yang akan Anda gunakan, nantinya Anda harus tetap selalu konsisten menjalankannya. Tidak ada yang bisa memberikan hasil instan. Jangan lupa rutin melakukan analisis untuk mengetahui apakah ada cara-cara tertentu yang ternyata kurang memberikan hasil optimal.