7 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Anda Membutuhkan Website

Di zaman yang serba digital ini, manusia seakan semakin dimudahkan dalam memenuhi kebutuhannya. Hampir segala aspek kebutuhan bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang semakin maju. Tak terkecuali dalam bidang bisnis. Bagi Anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis kecil, sudah menjadi hal wajib bagi Anda untuk “melek teknologi”. Tak seperti dulu, kegiatan bisnis di era digital ini juga harus mengikuti perkembangan zaman karena perilaku konsumen juga pastinya lebih dinamis.

Salah satu hal yang membedakan kegiatan bisnis saat ini dengan beberapa waktu lalu adalah kegiatan marketing. Saat ini, kegiatan marketing tak hanya dilakukan secara offline, tapi juga secara online. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan website. Hal ini bisa meningkatkan peluang produk Anda untuk dikenal lebih luas. Jika Anda ingin membuka bisnis kecil, ketahui dulu pentingnya website bagi perkembangan bisnis Anda berikut ini.

Banyak Orang yang Menggunakan Internet

Seperti yang telah kita tahu, akses internet saat ini semakin mudah. Tidak seperti dulu, berbagai paket layanan internet saat sudah ini banyak tersedia. Hal ini tentu saja untuk menjawab kebutuhan manusia yang kehidupannya hampir tidak bisa dilepaskan dari internet. Jika dulu akses internet hanya dapat dinikmati oleh mereka yang memiliki PC, maka sudah berbeda jauh dengan zaman sekarang di mana hampir setiap orang memiliki smartphone.

Dengan internet, informasi dapat didapatkan dengan lebih mudah sehingga orang akan ketagihan dengan internet ini. Bahkan rasanya tidak berlebihan menyebut internet sebagai “makanan pokok” setiap orang. Bagi para pebisnis, Anda harus memanfaatkan peluang ini untuk membuat produk Anda semakin dikenal. Caranya dengan berusaha membuat produk atau perusahaan Anda tampil pada mesin pencarian teratas ketika calon pembeli mencari informasi terkait.

Memperluas Jaringan Pemasaran

Dengan membuat situs khusus yang berisi mengenai informasi seputar produk dan perusahaan Anda, maka ini akan meningkatkan kesempatan bagi produk Anda untuk dikenal lebih luas. Misalkan Anda melakukan marketing melalui konten. Jika konten Anda memiliki SEO, maka hasil pencarian akan tertuju pada website Anda sehingga hal ini akan meningkatkan traffic ke website tersebut. Semakin banyak pengunjung baru yang berkunjung ke situs Anda karena arahan mesin pencari, maka dari situlah proses marketing sudah mulai berjalan.

Jika Anda mengemas website tersebut semenarik mungkin, tak menutup kemungkinan pengunjung tersebut akan memberitahukannya kepada teman atau keluarganya sehingga Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuat produk Anda dikenal. Namun, ingat, melakukan online marketing bukan berarti Anda harus mengabaikan offline marketing. Anda tetap harus melakukan offline marketing untuk mendukung pengenalan brand Anda.

Peluang Mendapatkan Investasi Lebih Besar

Karena mudahnya masyarakat dalam mengakses internet, maka segala hal tentang perusahaan Anda juga akan mudah untuk didapat oleh masyarakat. Tak menutup kemungkinan ada investor yang tertarik dengan website ataupun bisnis kecil yang Anda kelola sehingga ia berminat untuk menanamkan sebagian dananya guna mengembangkan bisnis Anda. Tentunya ini adalah kesempatan langka, bukan?

Selain investor, ada juga pebisnis lainnya yang mungkin tertarik untuk berkolaborasi dengan Anda dalam menghasilkan barang baru. Dua kekuatan bisnis tentunya akan lebih baik daripada sendirian, bukan? Apalagi jika rekan bisnis Anda tersebut sudah memiliki pelanggan yang cukup banyak, hal ini pun bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan siapa Anda dan brand yang Anda bangun.

Memudahkan Proses Pengumpulan Data

Melakukan survey adalah hal wajar yang bisanya dilakukan oleh seorang pebisnis untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat kepuasan konsumen. Dalam hal ini, biasanya kegiatan dilakukan melalui angket. Jadi, konsumen harus mengisi angket dan data dri mereka, kemudian dikumpulkan kepada Anda. Cara ini sudah kuno semenjak teknologi internet semakin berkembang. Pengumpulan data seperti ini rawan hilang.

Sebaliknya, melalui website, Anda cukup meminta pengunjung atau konsumen Anda mengisi data diri mereka, lengkap dengan alamat email. Dengan begitu, proses memahami perilaku konsumen melalui angket dapat dilakukan lebih praktis secara online. Hal ini pun juga berguna untuk ke depannya ketika Anda ingin menawarkan produk dan jasa baru pada konsumen. Cukup kirimkan email ke alamat masing-masing.

Belanja Online Semakin Diminati

Perilaku konsumen juga bergeser seiring perkembangan teknologi. Saat ini, orang tak perlu datang jauh-jauh ke mall atau toko untuk membeli barang yang mereka inginkan, tapi semua itu cukup dilakukan melalui smartphone. Situs e-commerce dapat diakses kapan pun dan di mana pun sehingga jika orang ingin membeli sesuatu, maka ia tinggal melakukan transaksinya melalui online termasuk proses pembayarannya.

Bandingkan dengan metode belanja sebelumnya yang mengharuskan orang mengantre di kasir terlalu lama. Belum lagi jika jalanan dari rumah ke mall cukup macet dan ternyata barang yang diinginkan sudah tidak tersedia. Tentunya hal ini akan membuang-buang waktu Anda, bukan? Dengan belanja online, Anda terbebas dari macet dan lebih efisien waktu. Anda tinggal menunggu barang Anda untuk sampai ke rumah.

Membangun Kepercayaan Konsumen

Jangan remehkan kepercayaan konsumen, apalagi di zaman sekarang saat hampir semua orang sudah mengenal teknologi. Konsumen Anda adalah orang-orang yang melek teknologi. Mereka mencari cara untuk memenuhi kebutuhan dengan memanfaatkan digital. Jika Anda menjalankan bisnis kecil tapi tidak memiliki website untuk bisnis tersebut, maka jangan salahkan konsumen jika mereka menganggap Anda ketinggalan zaman. Hal ini akan membuat konsumen meragukan perusahaan Anda.

Ketika orang menemui toko offline Anda untuk berbelanja di sana dan ia berpikir bahwa barang Anda cukup menarik untuk dieksplorasi lebih jauh, langkah pertama yang cenderung dilakukannya adalah dengan mencari tahu informasi perusahaan Anda melalui internet. Bisa Anda bayangkan bagaimana jika ia tidak bisa menemukan perusahaan Anda di sana? Tentunya selain membuatnya kecewa, Anda juga akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan angka penjualan.

Branding Serta Menekan Biaya Operasional

Ketika Anda memanfaatkan internet untuk kegiatan pengembangan bisnis kecil Anda, secara tidak langsung Anda sudah meminimalisir biaya operasional perusahaan. Biaya yang dimaksud contohnya adalah promosi atau branding. Promosi yang dilakukan secara online hampir tidak membutuhkan biaya dan tempat. Anda hanya tinggal memasang info tersebut pada website Anda atau menggunakan jasa layanan iklan.

Selain promosi, kegiatan yang tak kalah penting adalah brandingBranding ini berguna untuk membangun kesan masyarakat terhadap karakter perusahaan Anda. Meskipun kegiatan yang satu ini cukup memakan waktu, tapi hal itu bisa didukung melalui internet. Selain melalui websitebranding juga bisa dilakukan melalui media sosial atau memanfaatkan layanan SEO dari Google.

Sekarang Anda sudah tahu kalau website ini memainkan peranan yang penting untuk bisnis kecil Anda. Tanpa website, kegiatan promosi, marketing, dan juga branding perusahaan Anda juga akan lebih sulit karena akan kurang memberikan hasil kalau hanya dilakukan secara offline. Selain itu, kegiatan pengembangan bisnis kecil yang dilakukan melalui online juga memerlukan dana yang lebih terjangkau. Jadi, masih ragu untuk membuat website?

Photo credit: en.wikipedia.org