5 Tips Desain Website untuk Meningkatkan Kredibilitas

Kredibilitas merupakan salah satu aspek terpenting dalam website. Dengan menjadi kredibel, orang-orang tidak akan merasa ragu untuk mempercayai Anda. Terlebih, rasa percaya merupakan dasar dari hubungan yang baik. Website dapat menjadi media untuk membantu Anda meningkatkan kredibilitas, yakni melalui desain. Jadi, desain website seperti apa yang mampu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda?

Letakkan Logo Brand pada Setiap Halaman

Logo memegang peranan penting dalam branding, terutama sebagai pengenal identitas bisnis Anda. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk meletakkan logo brand di setiap halaman website. Sebelumnya, pastikan gambar dari logo brand tersebut sudah memiliki resolusi tinggi agar tidak terlihat blur. Lalu, letakkan logo brand pada bagian pojok kiri atas setiap halaman website Anda. Namun, jangan hanya meletakkannya begitu saja. Anda juga harus memberikan link yang mengarah ke home page pada gambar logo tersebut. Jadi, ketika pengunjung website meng-klik logo, mereka akan langsung dibawa ke home page.

Menerapkan Pola “F”

Menurut situs Shortie Designs, studi menyatakan bahwa ketika melihat layar komputer, mayoritas orang cenderung melakukannya dalam pola “F”. Jadi, penglihatan mereka cenderung terarah pada bagian kiri atas layar. Sementara, bagian kanan layar cenderung jarang diperhatikan. Dengan memanfaatkan informasi ini, Anda bisa menciptakan desain website yang memang sesuai dengan perilaku natural audiens dan memperlihatkan informasi berdasarkan urutan pola “F” tersebut, yakni dari kiri ke kanan dan atas ke bawah.

Sisakan Lebih Banyak Ruang

Salah satu fungsi website memang sebagai media untuk menyampaikan informasi terkait produk dan bisnis kepada target audiens Anda. Namun, bukan berarti Anda bisa memasukkan sebanyak mungkin elemen pada satu halaman website. Jika Anda tetap melakukannya, website Anda akan terlihat “penuh” dan membuat audiens bingung ke mana ia harus memfokuskan perhatiannya.

Untuk itulah Anda disarankan untuk memberi banyak ruang pada website Anda. Ruang ini biasanya kerap disebut sebagai whitespace atau negative space. Namun, space tersebut tidak harus berupa warna putih, terutama ketika Anda menggunakan gambar-gambar berukuran besar pada homepage dan header Anda. Minimalisirlah penggunaan elemen pada website agar pengunjung bisa fokus menangkap pesan yang ingin Anda sampaikan melalui suatu halaman website.

Gunakan Palette 3 Warna Saja

Kredibilitas website juga dapat terlihat dari palette warna yang Anda gunakan. Dalam hal ini, konsistensi adalah segalanya. Jika sudah memilih warna-warna tertentu untuk dijadikan patokan palette pada website, maka gunakan warna-warna tersebut saja dalam mendesain. Sebaiknya pilih tiga warna saja untuk menjaga kesederhanaan tampilan website Anda. Selain itu, pastikan palette warna yang Anda pilih masih sejalan dengan image dari brand Anda. Untuk mendapatkan inspirasi palette warna, Anda bisa mengunjungi situs-situs seperti colourlovers.com, color-hex.com, dan paletton.com.

Cantumkan Foto dengan Ukuran Tepat

Dalam mendesain website, ingatlah bahwa website pada dasarnya berbasis pixel (pixel-based). Jadi, jika Anda memang ingin mencantumkan gambar pada website, pastikan gambar tersebut memiliki ukuran resolusi yang besar. Jika tidak, gambar yang Anda cantumkan akan terlihat pixelated atau pecah. Kejelasan suatu gambar mampu menambah kredibilitas pada website Anda, bahkan meskipun gambar tersebut tidak diambil oleh Anda sendiri. Namun, pastikan Anda selalu mengecek hak cipta di balik foto yang digunakan. Jangan sampai Anda justru tersandung masalah legalitas.

 

Apa pun tema desain yang dipilih, pastikan Anda tetap menerapkan kelima tips di atas. Dengan begitu, website Anda akan memiliki kredibilitas sehingga audiens tak ragu untuk mmepercayai brand Anda. Terlebih, website dengan desain bagus pasti akan membuat pengunjung betah berlama-lama menggunakannya, bukan?

 

Mock-Up Credit: