5 Cara Membuat Website untuk Pemula

Website dapat dikatakan sebagai salah satu kebutuhan pokok bagi para profesional dan pelaku bisnis di zaman sekarang. Dengan adanya website, calon pelanggan bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang bisnis Anda sebelum akhirnya mengambil keputusan terkait pembelian produk. Melalui website pulalah Anda bisa melangsungkan berbagai strategi digital marketing sekaligus meningkatkan online presence bisnis Anda.

Untuk membuat website, diperlukan sumber daya atau resource tertentu. Hal inilah yang kerap membuat para pemula mundur sebelum mencoba karena merasa bahwa membuat website akan menghasilkan berbagai kerepotan. Padahal, mereka hanya perlu membekali diri dengan pengetahuan mengenai cara membuat website, yang kabar baiknya ada berbagai opsi sehingga mereka bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Jadi, apa saja cara membuat website yang bisa dilakukan oleh para pemula?

Desainer Web Profesional

Opsi satu ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mempelajari lebih jauh tentang cara membuat website. Namun, di sisi lain Anda juga harus memastukan bahwa Anda memiliki budget yang cukup untuk merekrut desainer web profesional. Jangan gegabah dan terburu-buru dalam melakukan perekrutan. Website dengan desain dan navigasi yang kurang optimal bisa membuat Anda mengeluarkan lebih banyak uang, membuat pelanggan menjauh, dan merusak reputasi Anda.

Umumnya, hal pertama yang ditanyakan oleh desainer web profesional kepada Anda akan terkait dengan bisnis Anda. Kebanyakan dari mereka akan mengajak Anda melakukan brainstorm bersama untuk menentukan desain website seperti apa yang Anda inginkan. Tentunya mereka pun akan memberikan beberapa masukan yang dirasa terbaik bagi website bisnis Anda. Namun, penting pula bagi Anda untuk memiliki ide dasar yang kuat. Dengan begitu, meskipun ada banyak ide yang muncul untuk mempercantik website, Anda tetap bisa fokus.

Selain itu, usahakan untuk tidak terpaku pada satu desainer web profesional saja. Pilihlah beberapa kandidat desainer web profesional terbaik. Jika ada, mintalah rekomendasi kepada teman atau kenalan lain yang pernah melakukan hal sama. Setelah memiliki daftar nama desainer web profesional, lakukan riset dengan mengecek hasil karya mereka atau menanyakannya kepada orang yang memberikan rekomendasi.

Do It Yourself

Sesuai dengan namanya, cara membuat website satu ini mengharuskan Anda untuk melakukannya sendiri. Opsi ini hanya disarankan bagi Anda yang memang memiliki pengetahuan dasar bagus terkait pembuatan website. Sebelum menggunakan HTML editor untuk membuat website, Anda perlu memiliki nama domain dan akun hosting terlebih dulu.

Kabar baiknya, kini hampir seluruh web host akan memberikan nama domain ketika Anda melakukan pembelian. Biasanya, nama domain ini akan berlaku selama setahun. Namun, tak ada salahnya pula apabila Anda ingin menggunakan perusahaan berbeda dalam mendapatkan nama domain. Langkah ini mampu memberikan kontrol lebih terhadap domain yang kebanyakan web host tak mampu menyediakannya.

Sementara itu, untuk hosting, sejak awal Anda harus memastikan bahwa Anda telah menggunakan platform hosting yang tepat. Selain harga, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam memilih platform hosting, yaitu diskpace (jumlah space yang mampu ditampung hosting server), monthly transfer (jumlah traffic yang bisa diterima website), control program, dan FTP access (akses langsung menuju file menggunakan program FTP).

Menggunakan WordPress

Pada dasarnya, WordPress adalah sebuah Weblog, yang juga banyak digunakan sebagai Content Management System (CMS) oleh para pebisnis UKM. Uniknya, banyak dari mereka yang justru tidak menggunakan bagian blognya, tetapi memanfaatkannya untuk membuat halaman website. Ada alasan-alasan tertentu mengapa para pebisnis UKM memilih untuk menggunakan WordPress sebagai basis cara membuat website mereka. Selain karena bersifat open source, WordPress juga relatif mudah digunakan oleh pemula. Jika Anda punya akun Facebook, maka Anda bisa segera membuat akun WordPress.

Karena cukup banyak digunakan, maka komunitas pengguna website pun skalanya sudah cukup besar di ranah online. Artinya, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai informasi atau resources untuk membantu Anda membangun website menggunakan WordPress, mulai dari tutorial, cara menambah plug-in, dan berbagai hal lainnya. Kabar baiknya lagi, sejak awal WordPress memang dibangun untuk mengoptimalkan website Anda agar bisa mendapatkan hasil baik pada mesin pencarian Google.

Website Template

Dalam pembuatan website, template mengacu pada sebuah desain tampilan halaman yang berisi dokumen file model-model tambahan dan dikodekan dalam bahasa pemrograman. Secara umum, ada tiga cara yang bisa Anda pilih untuk membuat template website, yaitu:

  • Modifiers/builders – perusahaan hosting menyediakan segalanya: mulai dari domain, hosting, template, dan online modifier untuk membantu Anda melakukan kustomisasi.
  • E-commerce template builders – ditujukan bagi Anda yang membuka toko online dengan fitur cart, terutama jika Anda menjual lebih dari 20-30 produk. Template builder jenis ini akan memberikan segala hal yang e-commerce Anda butuhkan.
  • Template website packages – Anda bisa membeli templatdalam bentuk file asli (umumnya Photoshop), lalu menggunakan jasa developer untuk membangun website menggunakan file template yang telah Anda beli.

Dari ketiga jenis template builder tersebut, sejauh ini website e-commerce yang memiliki tingkat kerumitan paling tinggi. Namun, idealnya, metode tersebut mampu membantu Anda menyediakan setiap komponen yang dibutuhkan dalam website e-commerce. Dengan begitu, Anda pun bisa memiliki waktu luang lebih banyak untuk fokus pada hal-hal lain terkait bisnis Anda.

Website Builders

Jika Anda termasuk tipe orang yang menyukai hal-hal praktis, maka website builder dapat menjadi cara membuat website yang tepat untuk Anda. Tak perlu khawatir akan kesusahan menemukannya karena kini sudah ada banyak website builder yang bermunculan. Kabar baiknya lagi, mayoritas penyedia jasa website building juga menyertakan berbagai layanan lain yang bisa Anda dapatkan jika memilih mereka.

Di Zloob, misalnya, Anda bisa melakukan setup awal website hanya dalam waktu 60 detik, mulai dari memilih template, memasukkan username, dan memilih URL serta judul website. Setelah itu, Zloob lah yang akan mengerjakan sisanya, seperti mendesain dan membangun website, menyediakan hosting, melakukan setup, mengamankan, me-upgrade, me-maintain, mengoptimasi, memasang domain, membuat email, memonitor selama 24 jam, hingga memasukkan konten. Artinya, Anda bisa fokus pada pembuatan konten terbaik untuk target audiens Anda.

Tidak hanya itu, Zloob juga memiliki fitur Drag & Drop yang memungkinkan Anda untuk mendesain halaman website sesuai keinginan secara mudah dan praktis. Anda bahkan tak perlu memakai kode program apa pun untuk melakukannya. Tak ketinggalan adanya fitur optimisasi SEO yang akan langsung berfungsi saat Anda memasukkan konten. Jadi, ketika Anda menambah konten, Zloob akan secara otomatis memasukkan tags dan markup yang pas dengan karakter mesin pencari Google.

Itulah beberapa cara membuat website yang bisa dicoba oleh para pemula. Jadi, cara mana yang harus Anda pilih? Tentunya hal tersebut bergantung pada resource dan kebutuhan Anda. Jika menginginkan kemudahan dan kepraktisan, tetapi budget cenderung terbatas, memanfaatkan jasa website builder seperti Zloob bisa dijadikan pertimbangan.

Mock-up Credit: BALÁZS SZARKA